Melenyapkan Iklan UZone Speedy – Indihome Telkom Dari Browser


Selamat Tahun Baru 2017, Kawan!

Sembari menikmati pertunjukan kembang api dan bakar jagung bersama, saya ingin membagikan tips untuk menghilangkan iklan dari Telkom ketika menggunakan internet bersama provider tersebut.

Sebagai pengantar, internet merupakan salah satu kebutuhan yang signifikan dalam kehidupan kita saat ini. Sebagian dari kita merupakan pengguna produk internet dari Telkom Indonesia yaitu Speedy dan Indihome. Ini terjadi karena pada masa awal hanya Speedy atau Indihome yang mempunyai jangkauan paling luas dibandingkan dengan penyedia jasa layanan internet lain yang di Indonesia. Baik karena infrastruktur Telkom yang sudah ada sejak awal, dan memang tidak dipungkiri bahwa investasi sarana-pra sarana untuk ber-internet bukanlah barang murah.


Pengguna layanan Telkom Indonesia saat ini mulai dibuat bingung dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Telkom Indonesia baru-baru ini. Salah satu yang cukup unik adalah jika kita hendak menghentikan pemakaian jasa internet maka telepon juga secara otomatis akan ikut dicabut. Selain mengenai mekanisme tersebut, tanpa sepengetahuan kita secara langsung pihak Telkom Indonesia pun turut menyisipkan iklan berupa UZone atau UAdexchange tanpa persetujuan dari pelanggan. Iklan-iklan ini sebenarnya sangat mengganggu saya sebagai pengguna internet. Bukan karena desain iklan yang jelek, namun karena iklan yang muncul memakan paket data dan malah membuat tampilan situs menjadi kacau balau dan menghambat proses bekerja.

Bagi rekan-rekan yang ingin menghentikan “interupsi” iklan ini, saya ingin membagikan solusi mudah (namun butuh perjuangan *hehehehe). Melalui sumber terkait, berikut prosesnya :

  1. Mari buka File Manager/ File Explorer di komputer, segera arahkan kursor menuju Drive C -> Windows -> System32 -> drivers -> etc
    Apabila ingin cara cepat, silahkan salin skrip ini lalu tempelkan di bar File Explorermu : “C:\Windows\System32\drivers\etc” 

    anti-speedy1

  2. Setelah ke folder etc, kita akan melihat 5 berkas, klik kanan pada berkas berjudul host, pilih “Open With” – kita bisa memilih menggunakan Notepad, Wordpad, Notepad++ atau aplikasi lainnya sesuai keinginan. Saya memilih Notepad++ karena memudahkan visualisasi skrip yang akan dilihat nanti.
  3. Setelah terbuka, mari salin skrip di bawah ini, lalu tempatkan di bagian paling bawah dalam urutan skrip berkas host :
    0.0.0.0 cfs.uzone.id
    0.0.0.0 cfs2.uzone.id
    0.0.0.0 u-ad.info
    0.0.0.0 cfs.u-ad.info
    0.0.0.0 cfs2.uadexchange.com
  4.  Apabila sudah, maka tampilannya akan muncul seperti ini:

    anti-speedy2

  5. Simpan berkas host yang sudah kita ubah:
    1. Notepad/Wordpad standar Windows dapat menggunakan CTRL+S atau klik “Save”.
    2. Notepad++,  dengan cara yang sama, namun kadang kala harus di simpan dengan mode Administrator.
  6. Setelah kita melakukan langkah-langkah di atas, silahkan segarkan tampilan jendela browser, maka secara otomatis iklan dari Telkom Speedy/Indihome tidak akan muncul dan mengganggu proses berinternet. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

Iklan