Ayo Tukarkan Kartu Multi Trip Lama Kamu dengan KMT Felica


Pengantar

Kereta Rel Listrik sebagai salah satu lini transportasi penghubung wilayah Jakarta kian meningkat dalam segi jumlah pengguna. Hal ini dilihat oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai momentum untuk terus melakukan inovasi hingga saat ini. Mulai dari penerapan tiket-gate elektronik, hingga penggunaan mesin tiket mandiri dan adanya penambahan layar informasi mengenai posisi KRL terdekat di stasiun-stasiun KRL. Kini, PT.KCJ pun mulai mengajak pengguna jasa KRL yang menggunakan tiket elektronik multitrip (KMT) untuk beralih ke kartu tiket elektronik jenis Felica.

Tapi Felica itu apa sih?


Daftar Isi


C9Qvkn3UAAAFcMi-681x426
Sumber: Twitter Official KCJ / @commuterline

Menurut Railway Enthusiast Digest, Felica sendiri merupakan sebuah sistem yang sudah lama dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Sony Corporation. Kata “Felica” sendiri berasal dari kata “Velocity” dalam Bahasa Inggris yang bermakna kecepatan. Sistem Felica ini dikembangkan untuk mempercepat proses membaca data yang ada di dalam kartu. Hal yang menarik dalam jenis kartu ini, adalah data yang di simpan pada kartu yang bersistem akan sangat sulit untuk digandakan atau dipalsukan. Sehingga secara otomatis, data yang di simpan dalam kartu sangatlah aman. Tidak hanya untuk tiket kereta semata, namun sistem ini dapat disematkan ke dalam KTP, SIM, Kartu Pelajar/Mahasiswa, dll. Selain itu, kartu yang menggunakan Felica ini dapat dengan cepat di baca oleh card reader atau mungkin juga gate ticketing bahkan tanpa perlu menyentuh sensor yang ada di card reader atau gate ticketing (contactless) . Sehingga bisa mempercepat proses pembacaan data atau mungkin juga mengurangi antrian yang terjadi di gate akibat lamanya membaca data yang ada di kartu (Biasanya kalangan lansia yang mengalami kendala saat transaksi di gate, sehingga diharapkan kartu ini mampu mempercepat alur masuk/keluar dari stasiun).

Selain memudahkan transaksi dan menjaga privasi pemilik, program migrasi kartu ini bertujuan juga untuk menyukseskan integrasi antar moda transportasi, khususnya di kota-kota besar, sehingga menghasilkan suatu sistem transportasi modern dan mumpuni, karena kartu dengan sistem Felica ini akan menjadi platform yang dipakai oleh berbagai penyedia jasa transportasi umum, sehingga pengguna akan lebih mudah saat menggunakan berbagai jenis transportasi umum.

Dalam dunia transportasi Indonesia, Felica mulai diterapkan pada tiket KRL multitrip non-kartu seperti gelang dan stiker sejak tahun 2015, namun dikarenakan fasilitas penunjang belum tersedia di seluruh stasiun Jabodetabek, pengguna wajib mengecek apakah loket itu memiliki tanda khusus di kaca jendelanya atau tidak. Contoh tanda khususnya seperti ini :

1931452_932421316805046_3195690850812687854_n-768x310
Loket yang melayani KMT Felica dengan tanda khusus ini. Sumber : KAORI Nusantara

Daftar Isi


Bagaimana Menukarkannya?

Menurut panduan dari PT.KCJ (terlampir), pengguna hanya perlu datang ke stasiun yang melayani perjalanan KRL untuk menukarkan kartu ini, sehingga saya ikut mencobanya.

C9QvjMKVwAAQm2d
Sumber: Twitter Official KCJ / @commuterline

Pada hari Selasa (2/5/2017), saya menukarkan tiket KMT KRL di Stasiun Cilebut (Bogor). Tahapannya sebagai berikut;

  1. Saya pastikan tiket tsb sudah selesai digunakan (tidak ada pinalti) dan dalam status sudah selesai gate out.
  2. Saya diminta ke ruang informasi (ke ruang Kepala Stasiun) untuk menukarkan tiketnya, karena tiket tidak boleh digunakan, maka saya dipersilahkan masuk menggunakan kartu PKD/Pengamanan Stasiun (pada saat keluar pun harus menggunakan kartu PKD-nya)
  3. Ketika di ruang informasi, saya diminta untuk mengisi formulir sembari memperlihatkan KTP dan menyertakan nomor telepon.
  4. Setelah kartu KMT yang lama berhasil diverifikasi, petugas mengkonfirmasi saldo terakhir tiket saya, misalnya sebesar Rp. 15.000,00, sehingga ketika nanti mengambil kartu Felica, saldonya pun dengan nominal yang sama.
  5. Setelah itu saya diminta menandatangani formulir pengajuan migrasi kartu
  6. Petugas memberikan salinan formulir tersebut untuk dibawa keesokan harinya sebagai tanda terima pengambilan kartu Felica.
30807
Formulir permohonan (salinan) untuk dibawa ketika mengambil KMT Felica. Sudah saya edit seperlunya untuk privasi. Sumber : Dokumentasi Pribadi
  • Ketika momen ini, saya diberitahu bahwa;
    • Kartu Felica ini tidak dapat diganti , sehingga apabila hilang, wajib membeli kartu yang baru.
    • Kartu KMT yang hendak ditukar pun wajib dalam kondisi aktif atau pernah digunakan dan tidak rusak.
    • Petugas menanyakan waktu pengambilan kartu ini, sesuai peraturan adalah 1×24 jam dengan alasan bahwa sistem memerlukan waktu untuk migrasi rekaman transaksi ke kartu yang baru. Apabila kartu Felica-mu ingin diambil hari Rabu jam 12 siang (pengajuannya Selasa kemarin jam 1 siang), datanglah tepat waktu agar tidak membingungkan petugas.
    • Migrasi ini tidak dipungut biaya apapun (gratis)
    • Saldo dalam tiket ini juga dapat ditambah melalui gerai Alfamart terdekat
  • Akhirnya saya pulang dan menunggu, sembari menulis tulisan ini.

Sebagai informasi tambahan, dalam formulir tersebut tercatat beberapa ketentuan khusus antara lain:

  • Proses pengambilan/pemindahan saldo dilakukan minimal 1×24 jam dari tanggal permohonan dan dilayani pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB setiap hari kerja.
  • Untuk keperluan proses verifikasi, pengguna bersedia meminjamkan KMT/GMT/YMT/SMT selama 14 (empat belas) hari.
  • Saldo yang diberikan kepada penumpang berdasarkan saldo terakhir yang tertera pada riwayat kartu.
  • Selama proses refund, kartu disimpan oleh petugas stasiun dan akan dikembalikan bersamaan dengan pengambilan saldo sesuai tanggal yang ditentukan.
  • Pengambilan kembali KMT/GMT/YMT/SMT melebihi 14 (empat belas) hari tidak dapat dilayani di seluruh stasiun Jabodetabek.

Daftar Isi


Penutup

Tadaaaa…..

Akhirnya tiket elektronik multitrip KRL saya berganti menjadi kartu Felica, sedikit merasa sedih karena kartu KMT yang lama merupakan tiket KMT pertama saya di tahun 2013 ketika tiket elektronik mulai diberlakukan. Ini dia penampakannya :

Kartu Felica tampak depan. Sumber : Dokumentasi Pribadi

Langsung saya gunakan untuk perjalanan pulang ke rumah. Responnya cukup cepat, hanya memang dalam top up saldo, kita harus meninjau lokasi mesin tiket dan loket yang mendukung (terdapat stiker keterangan di loket)

Namun, terlepas dari masalah kenangan masa lalu, kartu Felica menawarkan fitur penting dalam menggunakan fasilitas publik antara lain:

  • Speed : Kecepatan
    • Dalam bertransaksi, khususnya dalam transportasi, semakin cepat transaksi dilakukan, maka waktu yang terbuang semakin sedikit, efisiensi waktu ini dapat digunakan untuk melakukan hal yang. Misalnya mengejar kereta, perbedaan 3-5 detik lari sprint sejak tap in di gate masuk dapat menentukan Anda dapat naik kereta atau tidak (pengalaman pribadi).
  • Security : Keamanan
    • Keamanan dan privasi data pengguna menjadi momok tersendiri, khususnya dalam era transaksi digital. Bukan tidak mungkin kartu kita terjatuh dan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Kartu Felica menawarkan keamanan bagi pengguna dan operator karena tidak mudah dipalsukan.
  • Synergy : Kesinambungan atau Integrasi
    • Integrasi moda transportasi adalah mimpi semua pelaku mobilitas ulang-alik antar wilayah. Cukup dengan satu kartu untuk semua kebutuhan pembayaran transportasi. Betapa efisien pola pengeluaran kita untuk berpindah tempat. Tidak perlu banyak kartu, isi saldo berulang kali, atau bahkan terpaksa menggunakan uang tunai dengan risiko rawan kejahatan. Anggaran yang tersisa dapat digunakan untuk menabung atau investasi masa depan.

Mari migrasikan kartu KMT KRL kita untuk mempermudah perjalanan KRL kita. Semua migrasi kartu ini tidak dipungut biaya alias gratis! Bukan tidak mungkin, dengan kartu ini, kita bisa melakukan transaksi non-transportasi. Semua akan kembali ke kebijakan pemerintah dan pihak terkait. Selagi masih ada waktu, tidak perlu ragu menyiapkan diri untuk semua kemungkinan 😀

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Apabila terdapat kekurangan ataupun informasi yang perlu direvisi, jangan sungkan untuk menghubungi saya. Terima kasih. Selamat beraktivitas dan tetap semangat!


Daftar Isi


Referensi :

1. “Apa Itu Sony FeliCa?”,  http://www.re-digest.web.id/2015/12/apa-itu-sonyfelica.html

2. “Dukung Integrasi Antarmoda, KCJ Ajak Pemilik Tiket KMT Tukar Kartu Dengan KMT Teknologi Terbaru Secara Gratis” http://www.krl.co.id/dukung-integrasi-antarmoda-kcj-ajak-pemilik-tiket-kmt-tukar-kartu-dengan-kmt-teknologi-terbaru-secara-gratis/

3. “Tukar KMT Lama Dengan KMT Felica” https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/73565/tukar-kmt-lama-dengan-kmt-felica

Iklan